Wednesday, June 23, 2021
Home Saham Wow, ANTM dan TINS Masuk Dalam Rantai Produksi Tesla

Wow, ANTM dan TINS Masuk Dalam Rantai Produksi Tesla

Portalsaham.com– Perusahaan otomotif yang sedang naik daun Tesla Inc telah mengumumkan daftar smelter dan refiner (Smelter and Refiner List) untuk memproduksi sejumlah produknya di tahun ini. Dari daftar tersebut, sedikitnya ada tujuh perusahaan asal Indonesia yang masuk dalam rantai produksi Tesla.

Dua di antaranya adalah perusahaan terbuka yang sahamnya sebagian dimiliki publik, yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Timah Tbk (TINS). Kedua perusahaan tersebut akan bekerjasama dengan Tesla dalam memasok mineral emas dan timah.

Perusahaan otomotif yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat itu dikabarkan membutuhkan lebih banyak nikel untuk mendukung produksi baterai.

Hasil tambang tersebut sangat dibutuhkan industri baterai kendaraan listrik karena kontribusinya mencapai 40 persen dari harga kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Sedangkan, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia. Negara ini juga memiliki ambisi besar memiliki industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir.

Tesla dan Indonesia memang sudah menjalin komunikasi untuk bekerjasama dalam memproduksi kendaraan listrik.

Akhir tahun lalu, pemerintah mengatakan Tesla akan berkunjung ke Tanah Air. Tesla tertarik datang ke Indonesia setelah CEO Tesla, Elon Musk berbincang dengan Presiden Joko Widodo pada akhir tahun lalu. Dalam pembicaraan itu Presiden menjabarkan bagaimana potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Selain ajakan investasi KBLBB, Presiden Joko Widodo juga menawarkan Indonesia sebagai lokasi bantalan peluncuran atau launching pad untuk Space X, perusahaan antariksa milik Elon Musk.

Yuk, pantengin terus Portalsaham.com untuk informasi dan edukasi soal saham dan mata uang kripto

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular