Wednesday, June 23, 2021
Home Saham Ngutang di Pinjol Buat Beli Saham? Ini Pesan Menohok Yusuf Mansur

Ngutang di Pinjol Buat Beli Saham? Ini Pesan Menohok Yusuf Mansur

Portalsaham.com– Belakangan ini saham menjadi salah satu jenis investasi yang paling banyak dibicarakan. Jenis investasi ini pun kini mulai menarik perhatian anak-anak muda. Namun, seiring dengan meningkatnya antusias terhadap jenis investasi ini, banyak pula cerita yang bikin geleng-geleng kepala.

Salah satunya adalah cerita tentang seseorang yang mengaku membeli saham dengan menggunakan uang pinjaman dari fintech atau pinjaman online. Ada juga yang rela menggadaikan kendaraannya hanya untuk membeli sejumlah lot saham yang sedang tren.

Apakah bijak berinvestasi saham dengan cara demikian?

Tentu, cara tersebut sangat tidak direkomendasikan. Namanya juga investasi, ya seharusnya uang yang digunakan adalah uang dingin. Uang dingin di sini artinya duit yang betul-betul tidak akan dipergunakan dalam jangka pendek.

Merespon fenomena tersebut, pendakwah sekaligus pengusaha kondang Yusuf Mansur angkat bicara. Melalui akun Instagramnya, ustadz yang memiliki saham di berbagai perusahaan ini mengatakan bahwa cara tersebut sangat tidak direkomendasikan.

“Buat kawan-kawan, bertahap aja main saham. Dari dana yang ada. Kalau jual-jual, cakep. Jual aset tidur dan nganggur. Tapi jamin-jaminkan, jangan. Sebab ada bunga. Jangan sampai,” ucap Yusuf dalam postingannya di akun @yusufmansurnew, Rabu, 20 Januari 2020.

Yusuf pun berpesan kepada investor pemula agar mengubah paradigma mereka dalam berinvestasi saham. Ustaz yang cukup dekat dengan Almarhum Syekh Ali Jaber ini mengatakan investasi saham harus diniatkan untuk menabung. Jangan kebawa arus orang-orang yang bertujuan memainkan saham.

“Jangan kepuyengan lihat ijo-merah. Nuansanya, nuansa ownership,” ucapnya. “Jangan sampai sok tahu, kejagoan, terus pake nafsu. Ntar untung lupa diri, rugi nangis-nangis.”

Akun instagram @ngertisaham, kemarin, mengunggah sebuah unggahan terkait pengakuan dari investor karbitan ini.

Salah satunya menyebutkan telah berhutang kepada 10 aplikasi pinjaman online dengan nilai pinjaman mencapai Rp 170 juta. Uang panas tersebut ia gunakan untuk membeli saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sebanyak 500 lot.

Ada juga cerita dari investor yang rela menggadaikan aset tanah dan BPKB kendaraan yang dimilikinya untuk membeli saham. Sedangkan portofolionya di PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) malah nyangkut.

Waduh, jangan sampai deh kalian seperti itu ya. Sebelum berinvestasi kalian harus paham dulu fundamental emiten yang akan kalian beli. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan aja. Yuk, pelajari seluk beluk saham dan investasi di Portalsaham.com

Yuk, pantengin terus Portalsaham.com untuk informasi dan edukasi soal saham dan mata uang kripto

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular