Wednesday, June 23, 2021
Home Saham Mengenal WallStreetBets Sekelompok Anak Muda yang Bikin Pialang Saham AS Gigit Jari

Mengenal WallStreetBets Sekelompok Anak Muda yang Bikin Pialang Saham AS Gigit Jari

Portalsaham.com– Pasar saham Amerika Serikat sepekan terkahir ini digemparkan oleh aksi sekelompok anak muda yang melakukan aksi mendongkrak salah satu emiten yang sebelumnya tak diperhitungkan.

Saham atau emiten yang “dimainkan” oleh sekelompok anak muda itu adalah GameStop, perusahaan peralatan dan konsol game.

Menurut NBC News harga saham emiten ini naik hingga 8.000% dalam enam bulan terakhir. Padahal kondisi fundamental dan finansial perusahaan tersebut tidak bagus, malah justru merugi.

Salah satu penyebab kenaikan harga saham ini adalah forum investor di media sosial Reddit bernama WallStreetBets. Mereka memiliki 3,9 juta pengikut dan terus menyarankan anggotanya menjaga saham GameStop.

Forum tersebut menyarankan kepada anggotanya untuk menjaga saham GameStop dengan cara trading saham jangka pendek.

Sebagian besar anggota forum tersebut adalah pemuda-pemuda amatir, mereka bersatu untuk meroketkan saham pengecer video-game Gamestop dari sekitar $ 40 per saham menjadi lebih dari $ 400 per saham.

Masih menurut Forbes, aksi WallStreetBets ini membesut perhatian termasuk pemerintah Amerika Serikat. Kabarnya, Menteri Keuangan Janet Yellen juga turut memantau fenomena tersebut.

Sementara pihak berwenang belum mengambil langkah langsung apa pun terhadap pedagang Reddit.

Lantas apa dampak bagi pasar saham Amerika dengan adanya aksi dari WallStreetBets ini?

Dengan tiba-tiba meroketnya harga saham GameStop–hasil aksi penggorengan WallStreetBets–cukup membuat pialang saham di Amerika Serikat terkejut. Aksi ini pun membuat Wall Street kelabakan.

Pasalnya, para pemain di bursa Amerika yang biasa memainkan saham banyak kehilangan uang. Mengutip dari BBC, kalangan komentator dari Wall Street menyebut fenomena ini “gila”.

Hebatnya lagi komunitas saham ini membikin banyak heads fund rugi besar. S3 Partners, sebuah perusahaan data keuangan mencatat, pelaku short selling mengalami kerugian US$23,6 miliar di GameStop bulan ini.

Yang menjadi pertanyaan, siapa sih pendiri forum WallStreetBets ini? Wall Street Journal melaporkan forum ini didirikan oleh Jaime Rogozinski pada 2012. Usia Jaime masih terbilang muda, 39 tahun. Ia kini tinggal Mexico City dengan pekerjaan sehari-hari sebagai konsultan.

Dia tidak pernah membayangkan komunitas Reddit yang dia buat pada tahun 2012 akan berubah menjadi kekuatan yang begitu kuat sehingga menggiring harga saham GameStop Corp menjadi sangat tinggi atau overdrive, membuat banyak hedge funds rugi.

Aksi ini bisa saja dibilang merupakan pemberontakan terhadap status quo permainan saham di AS. Jaime mengisyaratkan aksi ini adalah sebuah aksi balas dendam terhadap para pialang atau para penggoreng saham di Wall Street yang sudah banyak menguasai pasar.

“Apa yang sedang dicapai sekarang adalah apa yang Occupy Wall Street coba dan gagal lakukan — peralihan kekuasaan, peralihan kendali dari Wall Street ke Main Street,” ujarnya.

Yuk, pantengin terus Portalsaham.com untuk informasi dan edukasi soal saham dan mata uang kripto

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular