Monday, September 20, 2021
Home Saham Kabar Baik Buat Para Investor, IHSG 4 Hari Berturut-Turut Berada di Zona...

Kabar Baik Buat Para Investor, IHSG 4 Hari Berturut-Turut Berada di Zona Hijau

Portalsaham.com– Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup di zona hijau. Pada penutupan pasar, Selasa, 16 Februari 2021, IHSG terapresiasi 0,35% ke level 6292.396.

Tercatat, sebanyak 236 saham menguat, 247 saham melemah, dan 155 saham stagnan di sepanjang sesi. Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia pun jumlahnya meningkat dari hari sebelumnya, menjadi Rp7.441.119 triliun.

Berdasarkan data RTI, pasar hari ini ditutup dengan total Rp 16,09 miliar saham diperdagangkan dengan frekuensi 1.348.521 kali dan membukukan nilai transaksi harian sebesar Rp13,29 triliun.

Pergerakan pasar dalam seminggu terakhir ini menunjukan performa yang positif. Selama empat hari berturut-turut IHSG berada di jalur hijau. Performa tersebut menghasilkan keuntungan 1,35 % dalam sepekan.

Selama sepakan, investor asing membukukan penjualan bersih atau melepas saham di IDX senilai Rp 1,15 triliun.

Di samping itu, investor asing nampaknya tertarik untuk membeli sejumlah saham di emiten keuangan. Keuangan menjadi salah satu sektor yang paling diminati asing.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mencatatkan pembelian saham asing paling banyak dalam sepekan. Masing-masing perusahaan mendapat investasi asing senilai Rp 1,3 triliun dan Rp 71,4 miliar.

Sentimen positif pasar ini ditengarai oleh proyek vaksinasi di Indonesia juga kenaikan sejumlah komoditas seperti nikel dan lainnya. Selain itu, kebijakan pemerintah yang memberikan stimulus perekonomian melalui bank-bank BUMN membuat para investor yakin.

Sementra itu, faktor eksternal yang memepengaruhi IHSG adalah terpilihnya Koe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat. Pasar merespon kebijakan ekonomi Biden bakal memberikan angin segar bagi negara-negara di Asia.

Yuk, pantengin terus Portalsaham.com untuk informasi dan edukasi soal saham dan mata uang kripto

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular