Monday, September 20, 2021
Home Saham BRI dan Telkom Jadi Perusahaan yang Paling Dilirik Asing Sebulan Terakhir

BRI dan Telkom Jadi Perusahaan yang Paling Dilirik Asing Sebulan Terakhir

Portalsaham.com– Satu bulan terakhir ini investor asing cukup irit dalam membeli saham di Bursa Saham Indonesia. Berdasarkan data RTI, dalam 30 hari terakhir asing tercatat membeli saham sebesar Rp 867,61 miliar. 

Sebaliknya, asing sedang rajin mengambil untuk di bursa saham. Tercatat aksi jual bersih investor asing ini selama satu bulan mencapai Rp 1,59 triliun. 

Asing nampaknya cukup selektif dalam membeli emiten di Bursa Efek Indonesia. Asing nampaknya lebih tertarik membeli saham di sektor keuangan dan sektor dari perusahaan milik pemerintah. Hal ini terlihat dari banyaknya saham milik Bank Rakyat Indonesia (BBRI) oleh investor asing. Dalam sebulan, asing membeli saham BBRI senilai Rp 1,9 triliun.

Setelah BBRI, asing pun tercatat memborong cukup banyak saham PT Telkom Indonesia (TLKM). Selama sebulan, aksi beli bersih asing di perusahaan telekomunikasi plat merah ini mencaoi Rp 467,1 miliar.

Sementara itu, asing banyak melego saham milik Astra Internasional. Dalam sebulan asing melepas saham ASII senilai 1,2 triliun. Disusul oleh Bank Mandiri (BMRI)i, yang dilego asing sebesar Rp 9443,3 miliar.

Transaksi yang dilakukan oleh investor asing sedikitnya memberi dampak pada IHSG. Meski, kini dampak tersebut tidak sebesar dulu. Karena, menurut BEI, saat ini jumlah transaski di bursa Indonesia sudah didominasi oleh investor domestik. 

Namun, transaksi yang dilakukan oleh investor asing dapat dijadikan sinyal. Pada umumnya, asing memiliki perhitungan yang cukup matang dalam membeli saham di bursa luar negeri. Selain dianalisis secara teknikal, asing sangat mempertimbangkan aspek fundamental dan sentimen yang sedang berkembang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular