Monday, September 20, 2021
Home Saham ANTM dan TINS Masih Duduk di Top Gainers Bursa Pekan Pertama Februari...

ANTM dan TINS Masih Duduk di Top Gainers Bursa Pekan Pertama Februari 2021

Portalsaham.com– Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan pekan pertama Februari 2021 tercatat menguat 0,73% ke level 6151,729.

Meski sempat melemah karena usai Badan Pusat Statistik merilis angka pertumbuhan ekonomi 2020. BPS melansir pertumbuhan ekonomi sepanjang 2020 mengalami kontraksi 2,07 persen. Namun, tak berselang lama indeks merangkak kembali ke zona hijau.

Pada penutupan bursa Jumat kemarin, berdasarkan data RTI, jumlah saham yang naik berjumlah 307 emiten, sedangkan yang anjlok sebanyak 176, dan yang statis berjumlah 142 emiten.

Sektor resources masih mendominasi harga saham yang masuk dalam top gainers. Di antaranya PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Berikut detail 5 top gainers selama sepekan terakhir yang mungkin bisa dilirik pada pembukaan pasar besok:

1. PT Barito Pacific Tbk (BRPT)

Perusahaan yang bergerak di bidang basic industry ini harga sahamnya mengalami peningkatan sebesar 31,64% ke level 1.165 dengan volume 678,9 miliar.

Sentimen pasar terhadap BRPT semakin bagus. Hal ini diantaranya dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan milik taipan Prajogo Pengestu ini akan mengembangkan usaha ke ranah energi dan petrokimia.

Di antaranya BRPT bakal menggarap proyek PLTU Jawa 9 dan 10 yang memiliki nilai proyek sebesar US$ 33 miliar.

2. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Emiten yang satu ini terus menunjukan sentimen pasar yang positif. Berdasarkan capaian minggu terakhir ini, saham ANTM
meningkat 10,83 persen ke level 2660.

Permintaan olahan nikel kepada Indonesia yang terus mengalami peningkatan membuat ANTM semakin diburu investor. Lihat saja dari aksi beli asing selama sebulan terakhir ini. Asing yang membeli saham ini tercatat mencapai 215,86 triliun selama satu bulan terakhir di pasar reguler.

3. PT Timah Tbk (TINS)

Nampaknya perusahaan di sektor tambang yang menggarap nikel dan sejenisnya bakal moncer di tahun ini. TINS menjadi salah satu emiten yang mencatatkan peningkatan harga saham selama satu minggu terakhir.

Tercatat, harga saham TINS naik 17,46% ke level 1985. Dengan volume 1,2 triliun.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular